jump to navigation

Aku dan “Gadget”-ku August 22, 2007

Posted by sephiroths in Riset.
trackback

Aku dan “Gadget”-ku

Senang rasanya ketika gadget yang kuidam-idamkan dapat terbeli juga. Sebelumnya gadget yang kumiliki ialah “Wallaby” dengan sistem operasi Windows Pocket PC 2002 milik O2. Sekarang dapat S-Series milik Nokia. S60 versi 1 N-Gage. Mungkin terpikir “kok barang-barang lama ?, bekas pula”. Pertama budgetku terbatas :), yang kedua gadget tersebut bisa aku install ulo keket untuk bermain-main dengannya. Berikut adalah capture-an

S60 ku.

S60 dan ulo keket yang pertama

awal_python

Ulo keket menampilkan kondisi sinyal dari S60

signal

Ulo keket menampilkan kondisi baterai sementara dari S60

battery

“Ketoke” biasa ajah yah ?, qe3. Ya ini memang salah satu hobiku. Ada lagi yang keren yang tidak aku dapatkan dari ulo keket versi “Wallaby”. Yakni simple DBMS dengan interface ke native database (CMIIW) milik Symbian. Sayangnya aku baru bisa create dan open databasenya. Belum sampai manipulasi query dan lain

sebagainya dikarenakan masih belum jelas syntaxnya (aku yang belum faham).

Selanjutnya yang kubutuhkan fungsi dari gadgetku ialah minimal bisa download email via POP3 au IMAP4. Berikut adalah email-emailku yang aku ambil via POP3.

download_email

aku males untuk ndadak download di warnet disamping rata-rata warnet di daerahku lambat ya maklum saja dulu biasanya aku bisa dapet sampai 5 Meg, untuk warnet mana ada sampai 5 Meg/orang. Oke lanjut dengan emailnya… kebetulan fungsi yang kumaksud tersebut bisa diterapkan pada S60 ku sehingga aku bisa download email-emailku dan membacanya langsung. Yang sangat membantuku menurutku dengan teknologi ini yang di download pertama kali ialah header dari email tersebut. Sehingga apabila email tersebut kita rasa penting baru kita download 1 per 1. Jadi bsa hemat bandwidth plus hemat biaya pulsa J

Sayangnya aku belum menemukan cara mengirim emailnya lewat control menu dari S60. Apa boleh buat hardcoding dulu di ulo keket baru bisa jalan sending emailnya (asumsiku). Soalnya kemarin aku bisa koneksi ke server ftp tempat kerjaku lewat module “socket”-nya ulo keket. Jadi secara logik aku juga bisa mengirim email melalui ulo keket.

Berikut yang ditampilkan informasinya melalui ulo keket.

ftp_info

Nah mari kita coba lihat login ftp dengan ulo keket. Demi menjaga privasi maka nama server dan user serta passwordnya saya kaburkan J.

ftp_login

Setelah itu kita coba masuk ke direktorinya.

ftp_www

Tidak menyesal aku membeli gadget ini. Cuma sayangnya untuk yang versi 1 ini tidak ada fasilitas GPS nya sebagaimana versi 2 keatas. Tapi aku bisa bermain-main sementara dengan fasilitas GSM locationnya (untuk permasalahan ini akan ada artikel selanjutnya Insya Alloh).

Tak lupa aku tampilkan juga beberapa bluetooth milik teman-teman kerjaku yang aku koneksikan secara langsung melalui bluetooth ku tanpa autentikasi lagi.

blutut_temen2

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: